Hasil pencarian tentang An+nisa+11
يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ ۖ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ ۚ فَإِنْ كُنَّ نِسَاءً فَوْقَ اثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ ۖ وَإِنْ كَانَتْ وَاحِدَةً فَلَهَا النِّصْفُ ۚ وَلِأَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا السُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ إِنْ كَانَ لَهُ وَلَدٌ ۚ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ وَلَدٌ وَوَرِثَهُ أَبَوَاهُ فَلِأُمِّهِ الثُّلُثُ ۚ فَإِنْ كَانَ لَهُ إِخْوَةٌ فَلِأُمِّهِ السُّدُسُ ۚ مِنْ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِي بِهَا أَوْ دَيْنٍ ۗ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ لَا تَدْرُونَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا ۚ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا
11. Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
An-Nisa, 48) Dengan demikian berarti makna yang dimaksud dengan masuk neraka pada ayat 15 tadi adalah
[[4 ~ AN-NISA' (WANITA) Pendahuluan: Madaniyyah, 176 ayat ~]] Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada
kedurhakaan mereka) oleh sebab kelaliman mereka sendiri sebagaimana yang telah disebutkan dalam surah An-Nisa
An-Nisa, 80). (Tangan kekuasaan Allah berada di atas tangan mereka) yang berbaiat kepada Nabi saw.
tempat buang air) artinya berhadas (atau menyentuh wanita) hal ini telah dibicarakan dulu pada surah An-Nisa
Ayat ini tidak berlaku untuk ahli waris karena sudah dinasakh dengan ayat tentang warisan (yaitu An Nisaa...': 11) dan hadits "laa washiyyata liwaarits" (tidak ada wasiat bagi ahli waris) diriwayatkan oleh Tirmidzi
mereka seorang rasul dari kalangan mereka yang menyucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Al Qurâan...mereka tidak beriman.â (2) Golongan yang menerima peringatan sebagaimana yang disebutkan pada ayat 11
Hijriah, sedangkan wafatnya Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam pada bulan Rabiâul Awwal pada tahun ke-11
seseorang, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidak akan memberi tangguh lagi (lihat surat Al Munafiqun: 11
mengucap takbir dan sebagainya, di hari-hari yang berbilang, yaitu pada hari-hari melempar jumrah tanggal 11
memberikan karunia kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.â (lihat surah Ibrahim: 11
[[101 ~ AL-QARI'AH (HARI KIAMAT) Pendahuluan: Makkiyyah, 11 ayat ~ Surat ini dimulai dengan memberitakan
memberi karunia kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.â (lihat surah Ibrahim: 11
[[100 ~ AL-'ADIYAT (KUDA-KUDA PERANG YANG BERLARI CEPAT) Pendahuluan: Makkiyyah, 11 ayat ~ Di awal surat
Fathir: 11) -deskripsi"> Besar atau kecil.
Inilah azab yang pedih.â (Ad Dukhan: 10-11) Maka orang itu mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi...Hal ini diperkuat oleh jalan yang dilalui Al Qurâan dalam memberikan ancaman kepada orang-orang kafir
bersabar sebagaimana dalam firman-Nya "wa may yu'min billah yahdi qalbah" (lihat surat At Taghaabun: 11
-deskripsi"> Dengan Al Qurâan, mereka dapat mengingat hal yang bermanfaat bagi...mereka sehingga mereka dapat mengerjakannya, dan dengan Al Qurâan mereka dapat mengingat hal yang berbahaya...Dengan Al Qurâan, mereka dapat mengenal Tuhan mereka melalui nama dan sifat-Nya, dengan Al Qurâan...mereka dapat mengetahui akhlak yang mulia, dan jalan-jalan yang mengarah kepadanya, dengan Al Qurâan...Oleh karena Al Qurâan merupakan peringatan bagi seluruh alam, maka ia adalah nikmat tebesar yang seharusnya
-deskripsi"> Ini adalah sumpah Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan Al Qurâan untuk Al...Qurâan....Allah Subhaanahu wa Ta'aala bersumpah dengan Al Qurâan yang menjelaskan, yakni menjelaskan semua yang
-deskripsi"> Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang keagungan Al Qurâan...keagungan Tuhan yang berfirman dan yang menurunkannya, yaitu Allah âAzza wa Jalla, dan bahwa Al Qurâan...Al Qurâan turun dari Tuhan yang seperti itu sifat-Nya....Al Qurâan adalah firman-Nya, dan berfirman adalah salah satu sifat-Nya, sedangkan sifat mengikuti yang...Ini saja sebenarnya sudah cukup dalam menyifatkan Al Qurâan dan menunjukkan kedudukannya.
[[93 ~ ADL-DLUHA (WAKTU DUHA) Pendahuluan: Makkiyyah, 11 ayat ~ Surat ini dibuka dengan sumpah demi dua
tafsir-deskripsi"> Hari yang ditentukan itu adalah hari raya haji dan hari tasyriq, yaitu tanggal 10, 11
-deskripsi"> Ini adalah bersumpah dengan Al Qurâan untuk Al Qurâan....mutlak âmenerangkanâ namun tidak menyebutkan menerangkan apa, untuk menunjukkan bahwa Al Qurâan
(Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah) dalam bentuk ilham (hendaknya) huruf an di sini dapat diartikan...sebagai an mashdariyah atau an mufassirah (buatlah sarang-sarang di bukit-bukit) tempat kamu berdiam
tafsir-deskripsi"> Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menerangkan ayat-ayat-Nya baik yang ada dalam Al Qurâan...bahwa manusia dalam hal tersebut terbagi menjadi dua golongan, maka Dia memberitahukan bahwa Al Qurâan...-deskripsi"> Petunjuk merupakan sifat yang merata kepada seluruh isi Al Qurâan....Al Qurâan menunjuki maârifatullah (mengenalkan Allah) dengan sifat-sifat-Nya yang suci dan perbuatan-Nya...Ia (Al Qurâan) juga menunjuki amal yang saleh dan mengajak kepadanya, demikian pula menerangkan amal
Allah memberikan nikmat kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya (lihat surah Ibrahim: 11
tafsir-deskripsi"> Yaitu sibuk memenuhi kebutuhanmu yang membuatmu terkadang tidak sempat membaca Al Qurâan...atau konsentrasi ketika membaca Al Qurâan.