Mengingat |
: |
- Firman Allah SWT:
- QS. al-Ma'idah [5]: 1:
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا أَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِ …
"Hai orang yang beriman! Tunaikanlah akad-akad itu …"
- QS. al-Isra' [17]: 34:
... وَأَوْفُوْا بِالْعَهْدِإِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلاً ...
"… Dan tunaikanlah janji-janji itu, sesungguhnya janji itu akan dimintai pertanggung jawaban …"
- QS. al-Baqarah [2]: 275:
... وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا ...
"… Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba ..."
- QS. al-Baqarah [2]: 278:
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ
"Hai orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang yang beriman."
- QS. al-Nisa' [4]: 29:
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَأْكُلُوْا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ...
"Hai orang yang beriman! Janganlah kalian memakan (mengambil) harta orang lain secara batil, kecuali jika berupa perdagangan yang dilandasi atas sukarela di antara kalian ..."
- QS. al-Baqarah [2]: 283:
... فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِى اؤْتُمِنَ أَمَانَتَهُ، وَلْيَتَّقِ اللهَ رَبَّهُ ...
"… Maka, jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya …"
- QS. al-Nisa' [4]: 58:
إِنَّ الهَ. يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا اْلأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ...
"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia, hendaklah kamu menetapkan hukum dengan adil …"
- Hadis Nabi SAW:
- Hadis Nabi riwayat Ibnu Majah dari 'Ubadah bin Shamit, riwayat Ahmad dari Ibnu 'Abbas, dan riwayat Imam Malik dari Yahya:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَضَى أَنْ لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ (أخرجه ابن ماجه عن عبادة بن الصامت في سننه، الكتاب: الأحكام، الباب : من بنى في حقه مايضر بجاره، رقم الحديث : 2331، ورواه أحمد عن ابن عباس، ومالك عن يحي)
"Rasulullah SAW menetapkan: tidak boleh membahayakan/ merugikan orang lain dan tidak boleh (pula) membalas bahaya (kerugian yang ditimbulkan oleh orang lain) dengan bahaya (perbuatan yang merugikannya)." (HR. Ibnu Majah)
- Hadis Nabi riwayat ath Thabarani dari Ibnu Abbas::
كَانَ سَيِّدُنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْمُطَلِّبِ إِذَا دَفَعَ الْمَالَ مُضَارَبَةً اِشْتَرَطَ عَلَى صَاحِبِهِ أَنْ لاَ يَسْلُكَ بِهِ بَحْرًا، وَلاَ يَنْزِلَ بِهِ وَادِيًا، وَلاَ يَشْتَرِيَ بِهِ دَابَّةً ذَاتَ كَبِدٍ رَطْبَةٍ، فَإِنْ فَعَلَ ذَلِكَ ضَمِنَ، فَبَلَغَ شَرْطُهُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ فَأَجَازَهُ (رواه الطبراني فى الأوسط عن ابن عباس)
"Abbas bin Abdul Muthallib jika menyerahkan harta sebagai mudharabah, ia mensyaratkan kepada mudharib-nya agar tidak mengarungi lautan dan tidak menuruni lembah, serta tidak membeli hewan ternak. Jika persyaratan itu dilanggar, ia (mudharib) harus menanggung risikonya. Ketika persyaratan yang ditetapkan Abbas itu sampai pada Rasulullah, beliau membolehkannya." (HR. Thabarani dari Ibnu Abbas)
- Hadis Nabi riwayat Ibnu Majah dari Shuhaib::
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ثَلاَثٌ فِيْهِنَّ الْبَرَكَةُ: البَيْعُ إِلَى أَجَلٍ، وَالْمُقَارَضَةُ، وَخَلْطُ الْبُرِّ بِالشَّعِيْرِ لِلْبَيْتِ لاَ لِلْبَيْعِ (رواه ابن ماجه عن صهيب)
"Nabi bersabda, 'Ada tiga hal yang mengandung berkah: jual beli tidak secara tunai, muqaradhah (mudharabah), dan mencampur gandum dengan jewawut untuk keperluan rumah tangga, bukan untuk dijual." (HR. Ibnu Majah dari Shuhaib)
- Hadis riwayat Imam Tirmidzi, Sunan Tirmidzi, Kitab Ahkam, bab: "ma dzukira 'an Rasulillah", No: 1272:
الصُّلْحُ جَائِزٌ بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ إِلاَّ صُلْحًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا وَالْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا.
"Shulh (penyelesaian sengketa melalui musyawarah untuk mufakat) boleh dilakukan di antara kaum muslimin kecuali shulh yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram; dan kaum muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram."
-
Atsar dari Sayyidina 'Ali karramallahu wajhah (al-Mushannaf, Abdurrazzaq, 8/238, al-Maktab al-Islami 1403 H cet. II):
الرِّبْحُ عَلى مَا اصْطَلَحُوْا عَلَيْهِ وَالْوَضِيْعَةُ عَلى رَبِّ اْلماَلِ
"Keuntungan ditentukan sesuai dengan kesepakatan, dan kerugian ditanggung pemilik modal."
- Kaidah fikih, antara lain:
-
الأصْلُ فِى الْمُعَامَلاَتِ اْلإِبَاحَةُ إِلاَّ أَنْ يَدُلَّ دَلِيْلٌ عَلَى تَحْرِيْمِهَا
"Pada dasarnya, segala bentuk muamalat boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya."
-
أَيْنَمَا وُجِدَتِ الْمَصْلَحَةُ فَثَمَّ حُكْمُ اللهِ
"Di mana terdapat kemaslahatan, di sana terdapat hukum Allah."
-
المـُتَبَرِّعُ لَا يُجْبَرُ
"Orang yang berderma tidak boleh dipaksa." (Durar al-Hukkam fi Syarh al-Majallah al-Ahkam, pasal 761, hlm. 216)
-
تَصَرُّفُ اْلإِمَامِ عَلَى الرَّعِيَّةِ مَنُوْطٌ بِالْمَصْلَحَةِ (الأشباه والنظائر على مذهب أبي حنيفة النعمان لزين العابدين بن ابراهيم بن نجيم، القاهرة: مؤسسة الحلبي وشركاه، 1968، ص. 123؛ الأشباه والنظائر فى قواعد وفروع فقه الشافعية لجلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي، بيروت: دار الكتاب العربي، 1987، ص. 233)
"Kebijakan pemimpin terhadap rakyat harus mempertimbangkan mashlahat." (al-Asybah wa al-Nazha`ir 'ala Madzhab Abi Hanifah al-Nu'man, Zain al-Abidin Ibnu Ibrahim Ibn Nujaim, Kairo: Mu`assasah al-Halabi wa Syirkah. 1968, hlm. 123;dan al-Asybah wa al-Nazha`ir fi Qawa'id wa Furu' Fiqh al-Syafi'iyyah, Jalal al-Din 'Abd al-Rahman Ibnu Abi Bakr al-Suyuthi, Beirut: Dar al-Kitab al-'Arabi. 1987, hlm. 233)
-
الحَاجَةُ تَنْزِلُ مَنْزِلَةَ الضَّرُوْرَةِ (الأشباه والنظائر على مذهب أبي حنيفة النعمان لزين العابدين بن إبراهيم بن نجيم، القاهرة: مؤسسة الحلبي وشركاه، 1968، ص. 91؛ الأشباه والنظائر فى قواعد وفروع فقه الشافعية لجلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي، بيروت: دار الكتاب العربي، 1987، ص. 179)
"Hajat menempati tempat darurat." (Dalam pengertian, hajat dapat berstatus sama dengan darurat).(al-Asybah wa al-Nazha`ir ala Madzhab Abi Hanifah al-Nu`man, Zain al-Abidin Ibnu Ibrahim Ibnu Nujaim, Kairo: Mu`assasah al-Halabi wa Syirkah. 1968, hlm. 91; al-Asybah wa al-Nazha`ir fi Qawa'id wa Furu` Fiqh al-Syafi`iyah, Jalal al-Din Abd al-Rahman Ibnu Bakr al-Suyuthi, Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi, 1987, hlm. 179)
-
الحَاجَةُ لاَ تُحِقُّ لِأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ مَالَ غَيْرِهِ (القواعد الفقهية مفهومها، نشأتها، تطورها، دراسة مؤلفاتها، أدلتها، مهمتها، تطبيقاتها، علي أحمد الندوي، دمشق: دار القلم، 1994، ص. 102)
"Hajat tidak menyebabkan bagi seseorang boleh mengambil harta milik pihak lain."(al-Qawa'id al-Fiqhiyyah ..., 'Ali Ahmad al-Nadwi, Damaskus: Dar al-Qalam. 1994, hlm. 102)
-
لاَ يَجُوْزُ لِأَحَدٍ أَنْ يَأْخُذَ مَالَ أَحَدٍ بِلاَ سَبَبٍ شَرْعِيٍّ (شرح القواعد الفقهية، للشيخ أحمد بن الشيخ محمد الزرقا، دمشق: دار القلم، 1989، ص. 465)
"Seseorang/pihak tidak boleh mengambil harta milik pihak lain tanpa sebab yang sah menurut syara'." (Syarh al-Qawa'id al-Fiqhiyyah, Syekh Ahmad Ibn Syekh Muhammad al-Zarqa, Damaskus: Dar al-Qalam. 1989, hlm. 465).
|
Memperhatikan |
: |
- Keputusan AAOIFI dalam Mi'yar Syar'i, nomor: 12 (angka 3/1/5/14) yang menyatakan bahwa:
يَجُوْزُ النَّصُّ بِاْلاِسْتِنَادِ إِلَى نِظَامِ الشِّرْكَةِ أَوْ إِلَى قَرَارٍ مِنَ الشُّرَكَاءِ عَلَى اْلاِحْتِفَاظِ بِأَرْبَاحِ الشِّرْكَةِ دُوْنَ تَوْزِيْعٍ، أَوْ حَسْمِ نِسْبَةٍ مُعَيَّنَةٍ مِنَ اْلأَرْبَاحِ بِشَكْلٍ دَوْرِيٍّ تَقْوِيَةً لِمَلاَءَةِ الشِّرْكَةِ، أَوْ لِتَكْوِيْنِ احْتِيَاطِيٍّ خَاصٍّ لِمُوَاجَهَةِ مَخَاطِرِ خَسَارَةِ رَأْسِ الْمَالِ، أَوْ لِلْمُحَافَظَةِ عَلَى مُعَدَّلِ تَوْزِيْعِ اْلأَرْبَاحِ.
"Berdasarkan anggaran dasar perusahaan atau keputusan dari para pemegang saham, perusahaan boleh menahan keuntungan perusahaan tanpa dibagikan, atau menyisihkan keuntungan dalam jumlah tertentu secara periodik untuk memperkuat kinerja perusahaan (solvency reserve), atau membentuk cadangan khusus untuk menanggulangi risiko kerugian modal (investment risk reserve), atau untuk menjaga kestabilan pembagian keuntungan (profit equalization reserve)."
- Pendapat Wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu(juz V, hlm. 3939):
وَيَجُوْزُ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ أَنْ يُشْتَرَطَ لِأَحَدِ الْعَاقِدَيْنِ دَرَاهِمُ مَعْدُوْدَةٌ مَعْلُوْمَةٌ إِنْ زَادَ الرِّبْحُ عَلَى مِقْدَارِ كَذَا مِنَ الدَّرَاهِمِ، فَذلِكَ شَرْطٌ صَحِيْحٌ لاَ يُؤَثِّرُ فِيْ صِحَّةِ الْمُضَارَبَةِ، لأَنَّهُ لاَ يُؤَدِّى إِلَى جَهَالَةِ الرِّبْحِ.
"Ulama Hanafiah membolehkan untuk membuat syarat bahwa salah satu pihak yang berakad memperoleh dinar dengan jumlah tertentu yang diketahui dalam hal keuntungan usaha melebihi nilai tertentu; syarat tersebut dipandang sah dan tidak berdampak pada sahnya akad mudharabah, karena hal tersebut tidak menyebabkan ketidakjelasan (bagian) keuntungan."
- Kesimpulan dan Rekomendasi Working Group Perbankan Syariah (Bank Indonesia, Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia, dan Ikatan Akuntan Indonesia) tentang Pengaturan Pendapatan danPembentukan Cadangan dalam Rangka Penyesuaian Keuntungan (Profit Equalization Reserve), tanggal 20 Desember 2012;
- Pendapat peserta Rapat Pleno DSN-MUI pada hari Jumat, tanggal 21 Desember 2012.
|